Berbagi Ilmu

31 Mei 2013

Media Pembelajaran Matematika pada Permainan Matematika



Workshop
Media Pembelajaran Matematika 1
Media Pembelajaran Matematika pada Permainan Matematika
BLOK ALJABAR
(Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama)
Tujuan
  • Untuk mempermudah pembelajaran materi aljabar menjadi lebih menarik dan lebih riil dengan melibatkan media dan alat peraga.
  •    Untuk mempermudah siswa dalam memahami Pembelajaran Pemfaktoran dari ax2 + bx + c,
  •    Membentuk kreatifitas siswa dalam memecahkan permasalahan aljabar.

Alat dan Bahan
Alat :
  •         Gunting,
  •         Lem/double tip.
Bahan :
  •         Kardus yang membentuk persegi besar.
  •         Kardus yang membentuk persegi kecil.
  •         Kardus yang membentuk persegi panjang.
  •         Kertas manila

Aturan
  • Pada tahap awal, para siswa dikenalkan dengan blok Aljabar sebagai berikut :
  

  • Masing-masing blok tersebut diberi makna berturut-turut sebagai berikut:
   
     x2         -x2              x   -x   +1 -1




  • Siswa memahami bangun datar berupa balok dan persegi.


Tata cara
  • Diberikan persamaan kuadrat dan siswa diminta untuk memfaktorkan persamaan kuadrat tersebut.
  • Siswa menghitung berapa banyak persegi besar, persegi kecil dan persegi panjang yang dibutuhkan.
  • Siswa menyusun persegi besar, persegi kecil dan persegi panjang menjadi persegi atau persegi panjang yang besar.
  • Setelah siswa dapat menyusunnya, barulah siswa diminta untuk menentukan luas dari persegi atau persegi panjang tersebut.


Contoh :
Tentukan faktor dari persamaan  x2 + 5x + 6 dengan menggunakan blok aljabar.
Jawab:
Langkah 1:
Menentukan jumlah persegi besar, persegi kecil dan persegi panjang yang akan digunakan
            x2         +          5x       +          6



Langkah 2:
Menyusun gambar menjadi persegi panjang atau persegi:


Langkah 3:
Menentukan panjang dan lebar persegi panjang
p = x + 3
l = x + 2
Langkah 4:
Menentukan luas persegi panjang , yaitu:
L          = p * l
                                    = (x+3) (x+2)
                                    = x2 + 5x + 6
Setelah langkah demi langkah yang kita lewati akhirnya kita memperoleh faktor dari  persamaan kuadrat  x2 + 5x + 6 yaitu (x+3) (x+2) atau panjang dan lebar dari persegi panjang.

Contoh :
Pemfaktoran yang koefisien b dan c - nya negatif
Tentukan faktor dari persamaan  x2 - 2x - 3 dengan menggunakan blok aljabar.
Jawab:
Langkah 1:
Menentukan jumlah persegi besar, persegi kecil dan persegi panjang yang akan digunakan



                    x2             -2x                   -3
  


Langkah 2:
Menyusun gambar menjadi persegi panjang atau persegi. Namun terjadi permasalahan. Dengan blok aljabar seperti itu, tidak mungkin disusun menjadi suatu persegi panjang. Karena itu, perlu ditambahkan pasangan nol (pasangan gambar yang saling menghilangkan)
  +1        -1
 


sehingga terbentuk suatu susunan persegi panjang sebagai berikut. yang sama artinya dengan ( x - 3 ) ( x + 1 ) (seperti langkah 3 pada contoh soal sebelumnya).

 



SEKIAN
&
TERIMA KASIH