Berbagi Ilmu

3 Desember 2015

Hakekat Matematika

Resume Hakekat Matematika 

Hakekat Matematika
Pengertian Matematika
Kata matematika berasal dari bahasa Latin “mathematika” yang mulanya diambil dari kata Yunani “mathematike” yang berarti mempelajari. Kata tersebut tersebut mempunyai asal kata mathema yang berarti pengetahuan atau ilmu. Dalam kamus Bahasa Indonesia diartikan matematika adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai masalah. Menurut Jamea dan James mengatakan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep-konsep yang saling berhubungan. Jadi berdasarkan asal katanya, kata matematika berarti ilmu pengetahuan yang didapat dengan berfikir (bernalar) tentang bilangan, hubungan antara bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai masalah.

Matematika Sebagai Ilmu Deduktif
Matematika dikenal sebagai ilmu deduktif. Karena dalam matematika suatu generalisasi sifat, teori atau dalil belum dapat diterima kebenarannya sebelum dapat dibuktikan secara deduktif. Pola deduktif didasarkan pada urutan kronologis dari pengertian pangkal, aksioma (postulat). definisi, sifat-sifat, dalil-dalil (rumus-rumus) dan penerapannya dalam matematika atau dalam bidang kehidupan.

Matematika Sebagai Ilmu Terstuktur
Matematika mempelajari tentang pola keteraturan, tentang struktur yang terorganisasi. Menurut Ruseffendi matematika dimulai dari unsur-unsur yang tidak terdefenisikan, kemudian pada unsur yang didefenisikan, ke aksioma/postulat dan akhirnya pada teorema. Konsep-konsep matematika tersusun secara hierarki, terstruktur, logis dan sistematis mulai dari konsep yang paling sederhana sampai konsep yang paling kompleks. Oleh karena itu matematika merupakan ilmu tentang pola dan hubungan, karena konsep matematika satu dengan lainnya saling berhubungan.

Matematika Sebagai Ratu dan Pelayan Ilmu
Matematika sebagai ratu atau ibunya ilmu dimaksudkan bahwa matematika adalah sebagai sumber dari ilmu yang lain. Dengan kata lain, banyak ilmu-ilmu yang penemuan dan pengembangannya bergantung dari matematika. Selain itu matematika juga sebagai pelayan ilmu. Dengan kata lain, matematika dapat melayani kebutuhan ilmu pengetahuan dalam pengembangan dan operasionalnya.

Tujuan Pembelajaran Matematika 
Matematika bertujuan antara lain untuk memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah; menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika; memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh dan mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Sedangkan kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa  ingin tahu, perhatian dan minat serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar