Strategi Pembelajaran
Kata
strategi diartikan sebagai seni penggunaan rencana untuk mencapai tujuan. Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia, strategi adalah rencana yang cermat
mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (yang diinginkan). Menurut Joni
dalam buku Hamdani, berpendapat bahwa strategi adalah suatu prosedur yang
digunakan untuk memberikan suasana yang konduktif kepada peserta didik dalam
rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam
dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang
serangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan kegiatan pembelajaran
yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat
dicapai secara efektif dan efisien. Dalam strategi pembelajaran terkandung meteri ajar dan prosedur pembelajaran yang
digunaan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada peserta didik.
Kata pembelajaran sebagai suatu proses membelajarkan peserta didik, serangkaian
kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada peserta
didik.
Dengan
demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi
tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Strategi pembelajaran merupakan langkah selanjutnya dari proses
desain pembelajaran yakni bagaimana caranya menuju proses pembelajaran. Oleh
karena itu strategi pembelajaran sebagai pola kegiatan pembelajaran yang
dipilih dan digunakan guru secara kontekstual sesuai dengan karakteristik
peserta didik kondisi sekolah, lingkungan sekitar serta tujuan khusus
pembelajaran yang dirumuskan.
Strategi
pembelajaran meliputi dua strategi dasar yaitu belajar akan memberikan hasil
baik apabila dihasilkan melalui proses penjelasan dalam bentuk strategi
ekspositori yang didasarkan atas teori pemprosesan informasi dan balajar akan
memberi hasil baik bila didasarkan atas proses penemuan. Klarifikasi strategi
pembelajaran yang akan dipilih didasarkan atas pertimbangan yaitu:
1.
Tujuan
belajar, jenis dan jenjang
2.
Sifat
kedalaman dan banyaknya isi belajar
3.
Latar
belakang, motivasi dan kondisi peserta didik
4.
Jumlah,
kualifikasi dan kompetensi tenaga pengajar
5.
Lama
dan jadwal
6.
Sarana
yang dimanfaatkan dan biaya
Konsep dasar strayegi pembelajaran
meliputi yaitu menetapkan spesifikasi dan kualitas perubahan perilaku peserta
didik, menentukan pilihan berkenaan dengan pendekatan terhadap masalah
pembelajaran, memilih prosedur, metode, teknik belajar mengajar, norma dan
kriteria keberhasilan kegiatan belajar mengajar.Strategi
pembelajaran matematika disusun dan dikembangkan oleh guru bertujuan untuk
meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan serta
meningkatkan hasil belajar peserta didik alam pembelajaran matematika. Alasan
ini karena penerapan variasi strategi pembelajaran dapat meningkatkan minat,
motivasi dan kesenangan peserta didik untuk belajar matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar