3 Desember 2015

Strategi Pembelajaran



Strategi Pembelajaran

Kata strategi diartikan sebagai seni penggunaan rencana untuk mencapai tujuan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (yang diinginkan). Menurut Joni dalam buku Hamdani, berpendapat bahwa strategi adalah suatu prosedur yang digunakan untuk memberikan suasana yang konduktif kepada peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang serangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dalam strategi pembelajaran terkandung meteri ajar dan prosedur pembelajaran yang digunaan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada peserta didik. Kata pembelajaran sebagai suatu proses membelajarkan peserta didik, serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada peserta didik.
Dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan langkah selanjutnya dari proses desain pembelajaran yakni bagaimana caranya menuju proses pembelajaran. Oleh karena itu strategi pembelajaran sebagai pola kegiatan pembelajaran yang dipilih dan digunakan guru secara kontekstual sesuai dengan karakteristik peserta didik kondisi sekolah, lingkungan sekitar serta tujuan khusus pembelajaran yang dirumuskan.
Strategi pembelajaran meliputi dua strategi dasar yaitu belajar akan memberikan hasil baik apabila dihasilkan melalui proses penjelasan dalam bentuk strategi ekspositori yang didasarkan atas teori pemprosesan informasi dan balajar akan memberi hasil baik bila didasarkan atas proses penemuan. Klarifikasi strategi pembelajaran yang akan dipilih didasarkan atas pertimbangan yaitu:
1.         Tujuan belajar, jenis dan jenjang
2.         Sifat kedalaman dan banyaknya isi belajar
3.         Latar belakang, motivasi dan kondisi peserta didik
4.         Jumlah, kualifikasi dan kompetensi tenaga pengajar
5.         Lama dan jadwal
6.         Sarana yang dimanfaatkan dan biaya

Konsep dasar strayegi pembelajaran meliputi yaitu menetapkan spesifikasi dan kualitas perubahan perilaku peserta didik, menentukan pilihan berkenaan dengan pendekatan terhadap masalah pembelajaran, memilih prosedur, metode, teknik belajar mengajar, norma dan kriteria keberhasilan kegiatan belajar mengajar.Strategi pembelajaran matematika disusun dan dikembangkan oleh guru bertujuan untuk meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan serta meningkatkan hasil belajar peserta didik alam pembelajaran matematika. Alasan ini karena penerapan variasi strategi pembelajaran dapat meningkatkan minat, motivasi dan kesenangan peserta didik untuk belajar matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar