Berbagi Ilmu

1 Juni 2013

Rokok Berbahaya



Rokok Sangat Membahayakan Tubuh Manusia
Sebenarnya jika kita mengetahui apa yang dihasilkan dari merokok adalah suatu hal yang belum jelas ada manfaatnya bahkan tidak ada manfaatnya tetapi banyak sekali kerugiannya. Terlebih lagi dari segi kesehatan, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam bungkus rokok itu sendiri pun dicantumkan peringatan pemerintah bahwa merokok dapat menyebabkan serangan jantung, paru-paru, kanker, impotensi serta gangguan kehamilan dan janin.

Kalau kita sadar, satu batang rokok yang hanya seukuran pensil sepuluh sentimeter itu, ternyata ibarat sebuah pabrik berjalan yang menghasilkan bahan kimia berbahaya. Satu batang rokok yang dibakar mengeluarkan sekira 4 ribu bahan kimia. Menurut Dr. R.A. Nainggolan (1998).

Bahan Kimia Yang Ada Dalam Rokok :
a.       Acrolein
Merupakan zat cair yang tidak berwarna, seperti aldehyde. Zat ini sedikit banyaknya mengandung kadar alkohol. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.
b.       Karbon monoxida
Sejenis gas yang tidak memiliki bau. Unsur ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Zat ini sangat beracun. Jika zat ini terbawa dalam hemoglobin, akan mengganggu kondisi oksigen dalam darah.


c.        Nikotin
Cairan berminyak yang tidak berwarna. Nikotin ini menghalangi kontraksi rasa lapar. Itu sebabnya seseorang bisa merasakan tidak lapar karena merokok.
d.       Ammonia
Merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Zat ini sangat tajam baunya dan sangat merangsang. Begitu kerasnya racun yang ada pada amonia. jika zat ini disuntikkan ke dalam tubuh bisa menyebabkan pingsan bakna koma.
e.        Formic acid
Sejenis cairan tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat membuat tubuh kita melepuh. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya.
f.        Hydrogen cyanide
Sejenis gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa. Zat ini merupakan zat yang paling ringan, mudah terbakar dan sangat efisien untuk menghalangi pernapasan. Cyanide adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedikit saja cyanide dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian.
g.       Nitrous oxide
Sejenis gas yang tidak berwarna, dan bila terisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan mengakibatkan rasa sakit. Nitrous oxide ini adalah jenis zat yang pada mulanya dapat digunakan sebagai pembius waktu melakukan operasi oleh para dokter.
h.       Formaldehyde
Sejenis gas tidak berwarna dengan bau yang tajam. Gas ini tergolong sebagai pengawet dan pembasmi hama. Gas ini juga sangat beracun keras terhadap semua organisme-organisme hidup.
i.         Phenol
Merupakan campuran dari kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organik seperti kayu dan arang, serta diperoleh dari tar arang. Zat ini beracun dan membahayakan, karena phenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim.
j.        Acetol
Hasil pemanasan aldehyde (sejenis zat yang tidak berwarna yang bebas bergerak) dan mudah menguap dengan alkohol. Hydrogen sulfide, sejenis gas yang beracun yang gampang terbakar dengan bau yang keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi yang berisi pigmen).
k.       Pyridine
Sejenis cairan tidak berwarna dengan bau yang tajam. Zat ini dapat digunakan mengubah sifat alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama. Zat ini adalah merupakan compound organis yang dapat beracun.
l.        Methanol
Sejenis cairan ringan yang gampang menguap dan mudah terbakar. Meminum atau mengisap methanol dapat mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian.
m.     Tar
Sejenis cairan kental berwarna cokelat tua atau hitam. Tar terdapat dalam rokok yang terdiri dari ratusan bahan kimia yang menyebabkan kanker pada hewan. Bilamana zat tersebut diisap waktu merokok akan mengakibatkan kanker paru-paru.

Di bawah ini akan disampaikan kerugian dari merokok antara lain  :
1)      Rokok sangat membahayakan kesehatan. Sehingga bisa menyebabkan mematikan, mendorong pengjapuran jantung dan pembuluh darah, dapat menyumbat dan mengurangi fungsi saluran nafas dan menyebabkan kanker, serta bisa menyebabkan racun pada hati,otak dan pembentuk kanker
2)      Rokok menurunkan konsentrasi, misalnya sewaktu mengemudi, berpikir dan sebagainya
3)      Rokok menurunkan kebugaran
4)      Rokok bukan hanya meracuni para perokok sendiri, namun juga orang disekitarnya (sebagai perokok pasif) dengan bahaya yang sama
5)      Rokok menimbulkan ketergantungan dan perasaan "kehilangan sesuatu" kalau rokok tidak tersedia. Selain itu bisa rakibat pada penurunan prestasi belajar dan bekerja
6)      Rokok memboroskan
7)      Rokok dapat mengakibatkan kebakaran   

Selain beberapa hal di atas juga ada beberapa kerugian lainnya dari merokok yaitu :
1)      Merokok dan menyebabkan penyakit pada alat pencernan
2)      Merokok meningkatkan tekanan darah
3)      Merokok meningkatkan prevalensi gondok
4)      Gigi berbercak dan nafas bau
5)      Merokok dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah
6)      Merokok dapat memperpendek usia
7)      Merokok menghambat buang air kecil
8)      Kulit cepat berkerut dan ketika luka lambat sembuhnya
9)      Kesuburan berkurang dan pada wanita cepat putus haid (monopouse)
10)   Merokok menimbulkan amblyopia atau penglihatan menjadi kabur, terkadang bisa menyebabkan kebutaan seperti katarak dan degenerasi makular pada selaput retina
11)   Merokok bersifat adiksi (ketagihan)
12)   Merokok membuat lebih cepat tua dan memperburuk wajah
13)   Rokok penyebab polusi udara dalam ruangan

Beberapa kerugian tentang merokok yang telah disampaikan di atas sebenarnya lebih memperjelas bahwa merokok itu banyak sekali kerugiannya. Sering kita dengar istilah merokok dapat menyebabkan kematian. Sebenarnya merokok bukan penyebab kematian, melainkan merokok dapat memicu suatu penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar