Berbagi Ilmu

9 April 2014

kaitan bimbingan konseling dengan jurusan pendidikan matematika



kaitan bimbingan konseling dengan jurusan pendidikan matematika

Jurusan pendidikan matematika akan mengarahkan para lulusannya untuk menjadi guru matematika. Tugas seorang guru terutama guru matematika tidak hanya dalam proses belajar mengajar, tetapi juga  mendidik siswa sebab individu yang dibimbing .
Adapun kaitan antara bimbingan konseling dengan jurusan pendidikan matematika yaitu merupakan proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh guru matematika sebagai konselor kepada siswanya sebagai konseli melalui tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, sehingga konseli mampu melihat masalahnya, mampu menerima dirinya sesuai dengan potensi dan mampu memecahkan sendiri masalah yang dihadapi.
Dalam matematika banyak kasus-kasus yang dapat dikaitkan dalam bimbingan konseling. Seperti halnya pada proses pembelajaran matematika, psikologi siswa, pemahaman siswa terhadap suatu konsep materi matematika, dan masih banyak lagi kasus yang terjadi.
Dengan demikian bimbingan konseling sangat berguna bagi guru matematika, seperti halnya agar tercapainya perkembangan yang optimal pada siswa yang dibimbing, agar siswa yang dibimbing memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan  pemecahan masalah yang dihadapai serta mampu menyesuaikan diri secara efektif dengan lingkungannya. 
Dengan eratnya kaitan bimbingan konseling dengan pendidikan matematika dan terdapat beberapa kegunaan dalam kegiatan tersebut, maka manfaat dari bimbingan konseling yaitu sebagai sarana bagi guru matematika dalam melakukan pendekatan kepada siswa untuk menyelesaiakan permasalahan yang sering dialami siswanya atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar