Berbagi Ilmu

9 April 2014

Kesulitan Belajar dan Usaha Mengatasi Belajar Matematika



A.  Kesulitan Belajar Matematika

  1. Masalah matematika dapat diklasifikasikan ke dalam dua jenis, yaitu[1]: Soal mencari (Problem to find), yaitu mencari, menentukan atau mendapatkan nilai atau objek  tertentu yang tidak diketahui dalam soal dan memberi kondisi atau syarat yang sesuai dengan soal. Objek yang ditanyakan atau dicari , syarat- syarat yang memenuhi soal, data atau informasi yang diberikan merupakan bagian terpenting atau pokok dari sebuah soal mencari dan harus dipahami serta dikenali dengan baik pada saat awal memecahkan masalah. 
  2. Soal membuktikan (problem to prove), yaitu prosedur untuk menentukan apakah suatu pernyataan benar atau tidak benar. Soal membuktikan terdiri atas bagian hipotesis dan kesimpulan. Pembuktian dilakukan dengan membuat atau memproses pernyataan yang logis dari hipotesis menuju kesimpulan, sedangkan untuk membuktikan bahwa suatu pernyataan tidak benar cukup diberikan contoh menyangkalnya sehingga pernyataan tersebut menjadi tidak benar.
B.  Usaha untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika
Sekolah atau perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membantu siswa agar mereka berhasil dalam belajar matematika. Untuk itu Sekolah atau perguruan tinggi memberikan bantuan kepada siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam belajar.

Usaha untuk mengatasi berbagai kesulitan belajar matematika itu antara lain[2]:
  1. Memahami soal yaitu dengan memahami dan mengidentifikasi apa fakta atau informasi yang diberikan, apa yang ditanyakan, diminta untuk dicari atau dibuktikan.
  2. Memilih pendekatan atau strategi pemecahan. Misalnya menggambarkan masalah dalam bentuk diagram, memilih dan menggunakan pengetahuan aljabar yang diketahui dan konsep yang relevan untuk membentuk model atau kalimat matematika.
  3. Menyelesaikan model yaitu dengan melakukan operasi hitung secara benar dalam menerapkan strategi untuk mendapatkan solusi dan masalah. Menafsirkan solusi yaitu dengan memperkirakan dan memeriksa kebenaran jawaban, masuk akalnya jawaban, dan apakah memberikan pemecahan terhadap masalah semula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar