Berbagi Ilmu

5 April 2013

Komponen Pembelajaran Matematika



Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas berbagai komponen yang saling berhubungan dan mempengaruhi. Komponen tersebut adalah guru, siswa, tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa komponen pembelajaran merupakan kumpulan dari beberapa item yang saling berhubungan satu sama lain yang terpenting dalam proses belajar dan mengajar.
Di dalam pembelajaran, terdapat komponen-komponen yang berkaitan dengan proses pembelajaran, yaitu:
1)        Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran tidak terlepas dari tuntutan zaman dan kebutuhan. Hal ini dikarenakan bahwa pendekatan dirancang sedemikian rupa, guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Selain itu, tujuan pembelajaran bersifat kognitif, afektif, dan psikomotor.
2)        Kurikulum
Secara terminologis, istilah kurikulum mengandung arti sejumlah pengetahuan atau mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa guna untuk mencapai suatu tingkatan. Kurikulum secara luas tidak hanya berupa mata pelajaran atau bidang studi dan kegiatan mahasiswa, tetapi juga segala sesuatu yang berpengaruh terhadap pembentukan pribadi siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.
3)        Guru
Guru memegang peranan penting dalam kegiatan belajar-mengajar. Karena mereka adalah salah satu pembentuk siswa yang berkarakter dan berakhlak mulia. Peranan guru tidak hanya terbatas sebagai pengajar (penyampai ilmu pengetahuan), tetapi juga sebagai pembimbing, pengembang, dan pengelola kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kegiatan belajar siswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
4)        Siswa
Siswa atau murid biasanya digunakan bagi seseorang yang mengikuti suatu program pendidikan di sekolah atau dilembaga tertentu di bawah bimbingan guru. Meskipun demikian, siswa bukan sebagai objek belajar yang tidak tau apa-apa, karena ia memiliki latar belakang, minat, dan kebutuhan serta kemampuan yang berbeda.
5)        Metode
Metode pembelajaran adalah cara yang dapat dilakukan untuk membantu proses belajar-mengajar agar berjalan dengan baik, metode-metode tersebut antara lain:
a)        Metode ceramah
b)        Metode tanya jawab
c)        Metode diskusi
d)       Metode demonstrasi
e)        Metode eksperimen
6)        Materi
Materi juga merupakan salah satu faktor penentu keterlibatan siswa. Karakteristik materi yang bagus menurut Hutchinson dan Waters adalah[1]:
a)        Adanya teks yang menarik
b)        Adanya kegiatan yang menyenangkan serta meliputi kemampuan berpikir siswa
c)        Memberi kesempatan siswa untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah mereka miliki
d)       Materi yang dikuasai baik oleh siswa maupun guru
Dalam kegiatan belajar, materi harus didesain sedemikian rupa, sehingga cocok untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan komponen-komponen yang lain, terutama komponen anak didik yang merupakan sentral. Dalam pemilihan materi harus benar-benar dapat memberikan kecakapan dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.
7)        Alat pembelajaran (media)
Media merupakan alat, benda atau seperangkat komponen yang dapat digunakan sebagai sarana dalam menyampaikan informasi, pesan atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi, sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh penerima. Oleh karena itu, media sangat berperan dalam mempermudah pekerjaan manusia.
8)        Evaluasi
Kemampuan dalam mempertimbangkan nilai untuk maksud tertentu berdasarkan kriteria internal dan eksternal[2]. Evaluasi hendaknya dilaksanakan secara komprehensif, obyektif, kooperatif, dan efektif yang hendaknya berpedoman pada tujuan dan materi pembelajaran. Contohnya menilai hasil karya orang lain, mengapresiasikan hasil karya seni, dan membuat justifikasi suatu fenomena yang terjadi di lingkungan sosial.


[2] Cepy Riana., Komponen-Komponen Pembelajaran,---,hlm 12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar